4 Tips Mudah Membuat Apartemen Kedap Suara

Beragam kebisingan telah menjadi bagian dari kehidupan di perkotaan. Apalagi jika Anda bertempat tinggal di apartemen dekat ITS, seperti apartemen Puncak Kertajaya dan apartemen Kertajaya Point. Penghuni apartemen tentu tidak asing dengan suara keramaian kendaraan di jalan raya, sirene ambulans, anak-anak yang berlarian di koridor, maupun cekcok rumah tangga tetangga.

Baik pagi, siang, maupun tengah malam, suara-suara bising ini dapat menganggu ketenangan dan kenyamanan Anda. Namun, sebenarnya ada banyak cara mudah untuk membuat apartemen kedap suara. Berikut ini beberapa diantaranya:

tips agar apartemen kedap suara

  1. Tutup Permukaan Padat

Tahukah Anda, bunyi-bunyian akan direfleksikan oleh permukaan padat seperti dinding, lantai, dan langit-langit, sehingga tingkat kebisingan meningkat. Untuk mengurangi refleksi bunyi, tutuplah permukaan-permukaan padat tersebut dengan sesuatu yang empuk atau lunak. Beberapa hal yang umum dilakukan penghuni apartemen misalnya menaruh permadani tebal di lantai, menambahkan tirai di pintu dan jendela, atau melapisi dinding dengan busa peredam suara. Selain bisa meredam suara, home furniture seperti ini juga akan mempercantik ruang apartemen Anda.

  1. Tutup Celah Pintu dan Jendela

Suara dari koridor gedung apartemen akan terdengar lebih keras apabila ada celah udara pada pintu. Demikian pula, kebisingan jalan raya akan terdengar lebih menganggu apabila ada celah pada jendela. Bunyi-bunyian terbawa angin hingga masuk ke ruangan apartemen Anda lewat celah-celah tersebut. Untuk menutup celah pada pintu, pasanglah door seal dan jangan biarkan celah yang lebar di bawah ataupun di atas pintu. Anda juga bisa mengganti pintu dan jendela dengan produk khusus kedap suara.

  1. Menaruh Rak Buku atau Rak Pakaian

Rak buku besar pada posisi menempel dinding dapat menjadi tempat penyimpanan barang tambahan maupun tempat menaruh benda-benda pajangan, sekaligus menjadi alat isolasi suara yang efektif bagi apartemen Anda. Rak pakaian juga dapat memberikan efek serupa. Ingat, bahan-bahan bersifat lunak seperti kain dapat membantu peredaman suara.

  1. Memasang Panel Akustik

Panel akustik merupakan papan khusus yang dibuat dari material penyerap suara. Fungsinya mengatur insulasi suara, sehingga intensitas suara yang melewatiny akan berkurang. Produk panel akustik sudah cukup populer dijual di beragam marketplace, sehingga Anda dapat memperolehnya dengan mudah.

Demikianlah, empat tips mudah untuk membuat apartemen kedap suara. Tak perlu melakukan renovasi atau mengeluarkan anggaran mahal. Cukup tambahkan dekorasi-dekorasi khusus ini saja, lalu apartemen Anda akan jadi lebih kedap suara